Sunday 28 December 2014

Sony Akui Jaringan PlayStation Diretas Hacker


TOKYO - Sony mengakui untuk pertama kalinya bahwa jaringan PlayStation mengalami gangguan pada saat event Natal. Catherine Jensen, Vice President of Consumer Experience Sony PlayStation menuturkan, hacker berulah pada saat momen perayaan Natal untuk mengganggu PlayStation Network (PSN).

"Industri video game mengalami trafik tingkat tinggi yang didesain untuk menggangu konektivitas dan gameplay online," kata Catherine seperti dilansir Nbcnews, Minggu (28/12/2014). Ia mengatakan hal tersebut pada sebuah blog yang di-posting Sabtu.

Lebih lanjut ia mengatakan, beberapa jaringan, termasuk PSN mengalami gangguan selama 48 jam oleh serangan cyber. Tidak hanya Sony, Microsoft Xbox juga mengalami serangan serupa yang dilancarkan pada Christmas Day.

Serangan ini membuat lalu lintas yang tinggi pada server PSN, yang membuat gamer tidak dapat mengakses server tersebut. Serangan 'denial of service' ini membanjiri jaringan dengan trafik yang tinggi.

Grup hacker bernama Lizard Squad mengklaim bertanggungjawab atas serangan dunia maya tersebut. Menurut kelompok hacker Lizard Squad, serangan cyber ini membuat layanan mengalami offline.

Microsoft memulihkan Xbox Live mereka pada Jumat. Sedangkan Sony pada Sabtu mengatakan, layanan mereka masih terganggu, namun perbaikan sedang dilanjutkan. "Teknisi PSN bekerja keras untuk memulihkan akses jaringan penuh dan gameplay online secepat mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda," kata Catherine.

0 comments:

Post a Comment